Sabtu, 22 Desember 2012

Dibalik si Buku Wajah yang Serbaguna

Bab I 
Pendahuluan 

Latar Belakang 

Buku Wajah atau Facebook tentunya kita semua punya akunnya dong..dari mulai anak kecil, remaja, dewasa, tua, muda, tak ada batsan umur bagi pengguna facebook. Buku wajah yang serbaguna banyak disgunakan salah satunya  seseorang dapat menjalin silaturrahim dengan teman lama, keluarga, kolega serta dapat bertukar pikiran, informasi pengalaman, bahkan curhat dengan pasangan yang diminatinya. Facebook dapat pula dimanfaatkan untuk mengkampanyekan suatu ide dan gagasan. Dapat pula dimanfaatkan sebagai ruang diskusi antarkomunitas melalui group atau pages, sehingga dapat meningkatkan kapasitas dan pengetahuan anggotanya.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan fokus ke facebook, sebenarnya sih..banyak media komunikasi dunia maya ada twitter, yahoomail, “facebook” dan lain-lain..

Dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi kebutuhan sekunder manusia timbul setelah kebutuhan primer terpenuhi. Sebagai makhluk sosial  manusia perlu berkomuniasi untuk dengan sesamanya. Cara yang paling sederhana secara langsung, tetapi bila jauh tentu diperlukukan alat komunikasi salah satunya adalah alat komunikasi dunia maya yaitu facebook.

Rumusan Masalah

1. Apa pengertian Facebook ? 
2. Bagaimana sejarah dan perkembangannya Fcaebook ?
3. Apa dampak positif dan negatif penggunaan Facebook ?
4. Bagaimana solusi dari dampak negatif akun Facebook ?

Tujuan

1. Untuk mengetahui pengertian Facebook
2. Untuk mengetahi sejarah dan perkembangan Facebook 
3. Untuk mengetahui dampak positif dan negatif dari Fcaebook 
4. Untuk mengetahui solusi dari dampak negatif akun Facebook

Mamfaat

Menambah wawasan tentang Facebook agar dapat memberikan mamfaat bukan masalah dari akun tersebut.

Bab II
Pembahasan

Facebook

Facebook termasuk dalam kategori situs jejaring sosial seperti Friendster, MySpace, Multiply, Yuwie, dll yang menyediakan media bagi para penggunanya untuk saling bertukar informasi dan berinteraksi. Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard University, Mark Zuckerberg. Nama Facebook sendiri diinspirasi oleh Zuckerberg dari sebuah istilah di kalangan kampus seantero AS untuk saling mengenal antar sesama civitas akademiknya. Awalnya para penggunanya hanya dikhususkan bagi para mahasiswa di kampus Harvard University. Lalu kemudian diperluas ke sejumlah kampus di wilayah Boston (Boston College, Boston University, Northeastern University, Tufts University) dan kampus-kampus lainnya seperti Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, and Ivy League. Menyusul kemudian sejumlah kampus lain di AS. Akhirnya, penggunanya lebih diperluas lagi ke sejumlah kampus lain di seluruh dunia. Tanggal 11 September 2006, Facebook membuat satu langkah penting dengan mengizinkan aksesnya ke seluruh netter yang mempunyai alamat email valid, namun, dengan pembatasan usia.

Sejarah dan Perkembangan Facebook


Sejarah dan Perkembangan

Asal mula Facebook berawal ketika Mark Zuckerberg (saat itu mahasiswa semester II Harvard University) membuat sebuah situs kontak jodoh untuk rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or Not menamai situs buatannya Facemash.com. Metode situs ini yaitu menampilkan dua foto pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua pasangan ini akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang paling “hot”. Nah, untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini, Zuckerberg berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara keliling ‘door-to-door’ untuk meminta foto.


Penemu Facebook


Saking nekatnya, Zuckerberg membobol akses jaringan komputer kampusnya untuk mendapatkan foto-foto tambahan. Namun aksi ini diketahui pihak kampus dan mereka selanjutnya memblokir situs Facemash.com diikuti dengan tindakan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman akan memecatnya dari kampus (walaupun ancaman ini tidak jadi direalisasikan). Atas tindakannya itu, Zuckerberg membela diri dengan mengatakan “Tindakan pihak kampus yang memblokir situs facemash.com memang benar alasannya, namun sayang mereka tidak menyadari potensinya yang bisa saja menjadi alat pendongkrak popularitas bagi kampus itu sendiri”. Ia melanjutkan “Cepat atau lambat, nanti juga akan ada orang lain yang membuat situs serupa”.

2004

Tidak kapok, pada semester berikutnya, tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg membuat sebuah situs baru bernama “The Facebook” yang beralamat URL: http://www.thefacebook.com. Untuk situs barunya ini, Zuckerberg berkomentar sarkas: “Menurutku upaya pihak kampus yang ingin membuat media pertukaran informasi antar civitas akademik yang butuh waktu bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja”.2

Saat pertama kali diluncurkan “The Facebook” hanya terbatas di kalangan kampus Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu. Selanjutnya, sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung memperkuat tim thefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris Hughes.

Bulan maret 2004, thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston, AS dan juga ke sejumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia, Yale, dan Ivy League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar penggunaannya di hampir semua kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004, Zuckerberg, McCollum dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto, California. Di sini mereka turut dibantu juga oleh Adam D'Angelo dan Sean Parker.

Pertengahan 2004, thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.


2005

Bulan Mei 2005, thefacebook.com mendapat suntikan dana segar hasil join venture dengan Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook secara resmi membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak saat itu penggalan frase “the” tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com.

Pada tahun 2005 ini juga, facebook telah memperluas jangkauan pengguna ke kalangan pelajar SMA. Masih di tahun yang sama, sejumlah universitas di Meksiko, Inggris Raya, Australia dan Selandia Baru juga sudah bisa menikmati jaringan Facebook.

2006

Awal tahun 2006, Facebook diisukan akan diakuisisi oleh sebuah perusahaan dengan harga USD 750 juta, bahkan tawarannya melonjak hingga USD 2 miliar. Namun kabar ini tak terbukti. Pada bulan April 2006, Facebook mendapat suntikan dana segar USD 25 juta hasil investasi dari Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners. Bulan Mei tahun yang sama Facebook mulai merambah benua Asia melalui India. Di pertengahan tahun, gilliran Israel dan Jerman.

Akhirnya pada 11 September 2006, Facebook merubah status registrasinya menjadi “free to join” bagi semua pemilik alamat email valid di seluruh dunia. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat email apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.


Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia.

Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.

Berkat penemuannya yang jenius itu, Mark saat ini termasuk dalam daftar orang terkaya di dunia. Kekayaannya kini ditaksir sebesar 15 miliar dolar AS. Dia juga masuk ke daftar Forbes sebagai orang terkaya ke-785 sedunia.

Mark hari ini masuk dalam urutan nama orang yang paling berpengaruh dalam dunia industri berteknologi tinggi. Demikian hasil penilaian sebuah panel sekumpulan pakar dari agenda pertemuan VIII Setter pool oleh Silicon.com. Agenda Setter fokus pada 50 orang yang mengubah wajah industri teknologi di tahun 2007 dan merupakan tolak ukur sukses di industri IT.

Perkembangan Facebook di Indonesia

Sejak Facebook booming, banyak orang yang meninggalkan account friendster-nya dan menggantikannya dengan Facebook. Situs ini mampu menjadi lambang gaul masyarakat modern. Dengan tingkat pertumbuhan sebesar 645 persen pada 2008, Indonesia menjadi negara Asia Tenggara dengan tingkat pertumbuhan penduduk tercepat di Facebook, mengalahkan Malaysia, India, Thailand, Singapura, dan bahkan Cina.

Yang lebih hebat, 831 ribu orang Indonesia yang ada di Facebook ini ternyata baru mewakili 0,4 persen dari jumlah total penduduk Indonesia. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru per harinya. Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan FB setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit per hari untuk melakukan berbagai aktifitas di FB.

Facebook kian melambung ketika Barack Obama, ketika itu Capres AS, menggunakannya untuk menggalang dukungan dan dana kampanye. Saat itu sahabat Obama tercatat 5.338.731 orang. Satu faktor yang memberi sumbangsing pria yang pernah sekolah di Indonesia ini menjadi Presiden AS.

Politikus dunia yang tertara namanya di FB adalah John Mc Cain, Sarah Palin, Nelson Mandela, Silvio Berlusconi, Nicolas Sarkozy, Arnold Schwarzenegger, Dr Mahathir Mohammad. Di Indonesia ada SBY, Gus Dur, dan Megawati Soekarno Putri. Di level lokal ada Alex Noerdin, Dodi Reza, Aziz Kemis, Dhaby.


Berikut ini adalah Grafik Pertumbuhan active user Facebook di Indonesia  hingga 2012. 


Menurut data Statista.com, pengguna aktif (active users) Facebook per Juni 2012 adalah 955 juta --sedikit lagi akan sama dengan penduduk India (1 miliar jiwa).
Total penduduk dunia sekitar tujuh miliar dan bukan tidak mungkin pengguna Facebook akan mencapai lebih dari 1,3 miliar untuk mengalah jumlah penduduk China, negara berpenduduk terbanyak di dunia.

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Facebook

Positif

Memudahkan Berkomunikasi
Di bidang komunikasi kita akan lebih cepat mendapatkan informasi – informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet. Kita juga dapat berkomunikasi melalui dunia maya dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan masuk ke akun Facebook untuk mempererat silaturahmi.

Sarana Untuk Bersdisikusi
Ini sangat berdampak positif karena kita dapat mengemukakan pendapat dengan memberi komentar, menambah wawasan dan saling bertukar pikiran bisa melalui diskusi, status dan motivasi.

Sebagai Alat Promosi
Tentunya kita sering sekali menemukan promosi-promosi seperti penawaran jasa, penawaran instansi dan lain-lain

Memperluas Jaringan
Salah satunya dengan menggunakan Facebook kita bisa mempunyai banyak teman dari mana saja dan negara mana saja. Serta penjualan sepeti jasa dan produk dapat dilakukan tidak terbatas jarak karena pembayaran bisa dilakukan secara transfer.

dampak negatif pada facebook adalah:


Pertama, menurunkan kinerja. Ditengarai bahwa sebagian besar pegawai, karyawan, dosen mahasiswa menggunakan Facebook pada saat jam kerja sedang berlangsung, karena alasan jenuh, refreshing, mendinginkan otak dan lain sebagainya. Artinya, telah terjadi pengurangan waktu untuk bekerja dan menyelesaikan kewajibannya. Maka konsekuensi logisnya adalah produktivitas menjadi berkurang.

Kedua, perhatian terhadap keluarga berkurang. Kerapkali para pengguna membuka Facebook pada saat bercengkrama dengan keluarga. Sebuah riset di Inggris menunjukkan, waktu orang tua bersama anak-anak semakin sedikit, karena berbagai alasan, salah satunya karena Facebook. Kemungkinan dapat terjadi, seorang suami sedang menulis wall, si istri sedang membuat koment di foto, sementara anak-anak diurus pembantu. Sebuah reduksi pencapaian keluarga sakinah, mawaddah warohmah.

Ketiga, terjadinya jaringan kehidupan sosial. Berkelana dengan Facebook sangat nyaman dan mengasyikkan. Maka, sebagian orang merasa cukup membangun berinteraksi sosial melalui Facebook saja, sehingga mengurangi frekuensi bertemu muka. Momentum bertemu muka membuahkan pembicaraan, tatapan mata, ekspresi wajah, tangis, canda dan tawa. Hal tersebut tidak dapat digantikan dengan pertemuan di dunia maya, tidak bisa ditukar oleh rentetan kata-kata bahkan video sekalipun.

Keempat, batasan ranah pribadi dan sosial menjadi kabur. Para Facebooker memiliki kebebasan untuk menuliskan ide, gagasan, pemikiran, bahkan perasaannya sekalipun, tanpa disadari hal tersebut tidak terlalu pantas, bahkan tidak memenuhi kelayakan etika dan estetika untuk disampaikan pada lingkup sosial. Kadang persoalan rumah tangga seseorang tanpa sadar bisa diketahui orang lain, cukup dengan hanya memperhatikan status dari orang tersebut.

Kelima, bocornya data rahasia pada khalayak. Tak jarang Facebooker tidak menyadari bahwa beberapa data penting yang tidak semestinya ditampilkan secara terbuka, namun karena default dari info kita terlupakan untuk menutup. Kalau memang ada yang perlu baru dibuka satu per satu sesuai kebutuhan.

Keenam, terjadinya pornografi. Tak dapat dihindari, sebagaimana situs jejaring sosial lainnya, tentu ada saja para pihak yang memanfaatkan situs tersebut untuk kegiatan yang berbau pornografi dan pemberitaan pada berbagai media massa, banyak yang memaparkan kejadian asusila tersebut.

Ketujuh, pemanfaatan untuk kegiatan negatif. Meskipun dalam klausul kesepakatan penggunaan Facebook telah melarang hal ini, tetap ada pihak yang memanfaatkan Facebook untuk kegiatan negatif melalui group ataupun pages. Berita paling aktual adalah terbukanya jaringan prostitusi dan traficking melalui Facebook.

Kedelapan, dapat terjadi kesalahpahaman. Facebook merupakan jaringan sosial yang sifatnya terbuka antara user dan jejaringnya, sebagaimana layaknya pada kehidupan nyata, maka gosip atau informasi miring dapat berkembang dengan sangat cepat melebihi batas ruang dan waktu. Harus disadari sepenuhnya bahwa ketika menulis pada status, wall (dinding) dan komentar di berbagai aplikasi sama saja seperti obrolan pada kehidupan nyata, bahkan efeknya mungkin lebih parah karena bahasa tulisan terkadang menimbulkan multi tafsir. Banyak terjadi kasus pemecatan seorang karyawan gara-gara menulis yang tidak semestinya di Facebook. Terjadi pula penuntutan ke pengadilan gara-gara kesalahpahaman di Facebook. Bahkan, kasus terbaru adalah pengeluaran empat siswa oleh oknum kepala sekolah. Tragis!

Kesembilan, mempengaruhi kesehatan. Tentang pengaruh tersebut masih dalam perdebatan sebab belum didukung oleh argumentasi ilmiah, meski dalam sebuah artikel di media Inggris menyebutkan bahwa Facebook dapat meningkatkan stroke dan penyakit lainnya. Hal itu bukan disebabkan oleh Facebook-nya, tetapi karena kebiasaan duduk berlama-lama di depan komputer.

Kesepuluh, penipuan. Seperti media online lainnya, Facebook juga rentan dimanfaatkan untuk tujuan penipuan. Kita tidak akan tahu sebenarnya siapa dibalik account Facebook. Setiap orang dapat dengan mudah membuat account baru untuk keperluan yang tidak baik. Ada yang menggunakan modus berkenalan dan akhirnya menjadi akrab di dunia maya, namun ternyata ujung-ujungnya digunakan untuk melakukan penipuan atau tindakan kriminal lainnya.


Solusi dari Dampak Penggunaan Facebook

Bersilaturahmi itu baiknya secara langsung tidak digantikan dengan kata-kata (status, chat-chat'an, dan wall-wall) karena sebenarnya kehadiran dan pertemuanlah yang mempereat tali silaturahmi sebagaimana  perintah Allah dalam QS. An-Nisa 36 yang artinya " “Sembahlah Allah dan janganlah kalian mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Serta berbuat baiklah kepada kedua orangtua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman, musafir dan hamba sahaya yang kalian miliki. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri”.

Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam menerangkan bahwa silaturrahim merupakan pertanda keimanan seorang hamba kepada Allah dan hari akhir,.“Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir; hendaklah ia bersilaturrahim”. HR. Bukhari dari Abu Hurairah.

Beliau jugamenjanjikan bahwa di antara buah dari silaturrahim adalah keluasan rizki dan umur yang panjang,
“Barang siapa menginginkan untuk diluaskan rizkinya serta diundur ajalnya; hendaklah ia bersilaturrahim”. HR. Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik.

Hadits tadi seakan kontradiktif dengan firman Allah ta’ala,. “Setiap umat mempunyai ajal. Apabila ajalnya tiba, mereka tidak dapat meminta penundaan atau percepatan sesaat pun”. QS. Al-A’raf: 34.


“Barang siapa menyambungmu (silaturrahmi) maka Aku akan bersambung dengannya, dan barang siapa memutusmu (silaturrahmi); maka Aku akan memutuskan (hubungan)Ku dengannya”. HR. Bukhari dari Abu Hurairah.


Hadist Nabi, "Maukah kalian aku tunjukkan akhlak yang paling mulia di dunia dan diakhirat? Memberi maaf orang yang mendzalimimu, memberi orang yang menghalangimu dan menyambung silaturrahim orang yang memutuskanmu” (HR. Baihaqi)



Sebenernya silaturahmi itu sendiri berasal dari shilah yang berarti menyambung dan rahim yang berarti rahim wanita, dan dipakai bahasa kiasan untuk makna hubungan kerabat. Jadi silaturrahim bermakna: menyambung hubungan dengan kerabat. Dari keterangan ini, bisa disimpulkan bahwa secara bahasa Arab dan istilah syar’i, penggunaan kata silaturrahim untuk makna sembarang pertemuan atau kunjungan dengan orang-orang yang tidak memiliki hubungan kerabat, sebenarnya kurang pas.

Semua perbutan yang kita lakukan haruslah berdasarkan niat karena Allah ta'ala

 "Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah S.A.W bersabda : Sesungguhnya setiap  perbuatan tergantung niatnya.  Dan  sesungguhnya  setiap  orang  (akan dibalas)berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan.

Bila kita menggunkan Facebook niatkan untuk hal-hal yang positif tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.
Karena di balik buku wajah sendiri ternyata lebih banyak dampak negatif daripada positifnya.

Bab III
Penutup

Kesimpulan
Facebook termasuk dalam kategori situs jejaring sosial  yang memudahkan pengguna Facebook untuk berkomunikasi jarak jauh, bersilaturahmi, memperluas jaringan, mempunyai banyak teman, facebook juga bisa digunakan sebagai alat promosi penjualan jasa dan produk (dampak positif)

Penemu Facebook adalah seorang yang jail dan usil ia bernama Zuckerberg salah satu Mahasiswa di Harvard University karena ia awalnya hanya iseng membuat sebuah situs kontak jodoh untuk rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or Not menamai situs buatannya Facemash.com.

Metode situs ini yaitu menampilkan dua foto pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua pasangan ini akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang paling “hot”. Nah, untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini, Zuckerberg berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara keliling ‘door-to-door’ untuk meminta foto.

Sedangkan perkembangan Facebook di Indonesia benar-benar booming karena Presiden Barak Obama ketika itu Capres AS, menggunakannya untuk menggalang dukungan dan dana kampanye. Saat itu sahabat Obama tercatat 5.338.731 orang. Satu faktor yang memberi sumbangsing pria yang pernah sekolah di Indonesia ini menjadi Presiden AS.

Beberapa dampak negatif dari penggunaan Facebook adalah menurunkan kinerja, perhatian terhadap keluarga berkurang, terjadinya jaringan kehidupan sosial, batasan ranah pribadi dan sosial menjadi kabur, bocornya data rahasia pada khalayak, terjadinya pornografi, pemanfaatan untuk kegiatan negatif, dapat terjadi kesalahpahaman, mempengaruhi kesehatan, dan terjadi penipuan.

Solusi dari dampak negatif penggunaan akun Facebook :
- Silaturahmi itu baiknya secara langsung tidak digantikan oleh kata-kata di Facebook tapi jika memang jarak dan waktu tidak memungkin untuk bertemu tidak ada salahnya menggunakan facebook.

-Tapi keuntungan dari bersilaturahmi secara langsung adalah
     - Dimudahkan Riskinya
     - Dipanjangkan Umurnya
     - Terhindar dari musibah
     - Dapat berkomunikasi, bertemu, dan bercakap-cakap dan bertatap muka tidak dibalik layar
     - Termasuk Akhlak Mulia di dunia dan di akhirat

- Niatkan semua perbuatan yang kita perbuat karena Allah agar bernilai ibadah tidak merugikan diri sendiri
   diri dan orang  lain karena Allah Maha Melihat apa yang kita perbuat.

Saran
Bagi semua pengguna Facebook apa yang kita ucapkan yang diaplikasikan melalui kata-kata di Facebook itu dapat mencerminan diri kita sendiri bukankah ada pepatah yang mengatakan "mulutmu harimaumu" maka dari itu tulislah kata-kata yang baik, motivasidan informasi-informasi yang bermafaat agar menambah ilmu bagi kita semua.
Ingat waktu juga bila bermain dengan si buku wajah ini karena di balik si buku wajah yang sebaguna ini kita bisa jadi kita lupa waktu beribadah, makan, berkumpul bersama keluarga, bersama teman, lupa waktu belajar dal lain-lain....na'uzubillah semoga kita terhindar dari itu semua.


Sumber :















"Dibalik si Buku Wajah yang Serbaguna ternyata banyak dampak negatif yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain..Gunakan waktu anda semaksimal mungkin..Kebenaran datangnya dari Allah..dan Kesalahan dari saya..."



^^Terimakasih telah membaca blog saya...kapan-kapan baca lagi yyyyaaa^^




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar